Menggapai mimpi, mencari tahu Siapakah Saya...!!!

Jalur Mendaki Gunung Merapi

Gunung Merapi 2.968 mdpl,
 merupakan gunung aktif ini berada di perbatasan Jogja, Magelang, Klaten dan Boyolali. Termasuk jalur pendakian yang ada ke Merapi.  

Jalur Selo atau Plalangan melalui sisi utara. Sekarang jalur ini tergolong paling aman dan nyaman untuk mencapai puncak dan jalur ini yang Memang direkomendasikan. Selo ini berada di daerah Boyolali atau Sekitar 40 KM dari Solo.
Untuk kearah Selo ini kita naik bus sampai terminal boyolali kemudian naik mini bus sampai  dipasar Cepogo, lalu naik bus kembali untuk menuju ke Selo & turun di New Selo, setelah itu  berjalan kaki untuk masuk ke basecamp/ pintu masuk pendakian.
sebaiknya Setelah packing perbekalan, mengisi air untuk pembekalan (Siapkan Jerigen Air untuk persediaan dikarenakan tidak ada sumber air selama perjalanan), makan malam dan penyesuaian kondisi tubuh & lingkungan serta melakukan sedikit pemanasan persiapan perjalanan. baru melakukan perjalanan dari basecamp yang berada di ketinggian 1680 mdpl.

untuk Jalur Awal adalah jalan aspal menanjak sampai ujung jalan aspal terdapat warung dengan tulisan NEW SELO diatasnya, perjalanan menyusuri jalur ini terus menanjak sejak dari basecamp, sampai di persimpangan ambil jalur kartini yang relatif lebih landai. 
setelah beristirahat dan melanjutkan perjalanan menanjak sebentar akan tiba di Watu Gajah yang mempunyai ketinggian 2343 mdpl.

Setelah melewati Watu Gajah maka akan menyusuri jalur batu yang terjal,  sebaiknya  beristrahat  menikmati indahnya gemerlap lampu kota Solo, Boyolali dan Magelang. (bila melakukan pendakian malam).

Perjalanan selanjutnya lebih berat dari jalur sebelumnya karena akan lebih terjal dengan batu-batu yang besar setelah itu tiba di Pos II yang berada di ketinggian 2470 mdpl.

Perjalanan setelah Pos II akan lebih berat lagi, jalur terjal dengan batuan vulkanik mudah terlepas dan tajam ditambah dengan gerusan-gerusan dalam akibat erosi yang kuat sehingga banyak jalur-jalur menyempit, setelah itu menyusuri dataran yang tidak begitu lebar setelah tiba di punggungan akan terlihat tempat lapang berbatu luas yang disebut Pasar Bubrah 2605 mdpl.
diPasar Bubrah tersebut tepat berada di kaki Puncak Gunung Merapi dan biasa menjadi tempat mendirikan tenda untuk istirahat bagi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Puncak Garuda.


Pagi Harinya Setelah sarapan kembali melakukan pendakian, menuju kePuncak gunung Merapi  (bila ingin sampai puncak dengan mudah sebaiknya barang-barang bawaan disimpan saja di tenda kemudian bawa air secukupnya dan bawa kamera untuk foto-foto), mendaki ke puncak dari Pasar Bubrah. menuju puncak sangat terjal, diKarenakan titik kemiringan jalur pendakian tersebut menuju puncak mencapai 110 Derajat adaput Jalur yang dilalui berupa batu-batu kerikil kecil dan besar.
Setelah berjalan beberapa lama akhirnya tiba di Puncak Gunung Merapi, dengan pemandangan yang luar biasa, setelah mengambil gambar sebaiknya kita melanjutkan perjalanan untuk memanjat sebuah batuan besar yang dinamakan Puncak Garuda.

Puncak tertinggi di Merapi ini bernama puncak Garuda namun tugu puncaknya sudah hancur kena erupsi Merapi dipuncak ini kita bisa melihat kawah Merapi yang masih aktif. Sebaiknya selama dipuncak jangan sampai siang hari karena asap Belerang mulai naik dan terasa.

Untuk turun merapi qta harus dihemat air karena sampai basecamp tidak ada lagi air 

Peralatan yg disiapkan Barang ini
2 Komentar untuk "Jalur Mendaki Gunung Merapi"

jalur mendakinya yang dulu sudah tertutup debu dan material fulkanis bro, sekarang masih gak aman untuk naik ke sana, jadi harus hati hati banget

Back To Top