Menggapai mimpi, mencari tahu Siapakah Saya...!!!

Rute Pendakian Gunung Papandayan

Parkiran G. Papandayan
Gunung Papandayan 2665 mdpl
adalah Gunung api yang terletak di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat atau sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung, di Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya, kawasannya curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal, bertipe Stratovolcano ini saat sebelum meletus Gunung ini memiliki empat buah kompleks kawah besar namun setelah meletus kawah ini menjadi sebuah areal kawah yang cukup besar, Kompleks kawah Gunung Papandayan ini bisa didatangi oleh masyarakat umum yang bukan pendaki gunung sekalipun karena adanya jalan aspal mulus yang membentang dari bawah hingga kedekat kawah gunung.
Tahapan Perjalanan :
Bila start dari Jakarta, kita berangkat dari Terminal Kampung Rambutan Naik bus ke Kabupaten Garut melalui Tol Cipularang setelah itu tiba di Terminal Guntur,  selanjutnya sewa angkot atau pick up  ke Simpang Cisurupan. turun di Simpang Cisurupan sudah ada mobil bak terbuka yang siap mengantarkan para pendaki sampai di pelataran Pos Pendakian Papandayan.

Tahapan Pendakian :

1. Parkiran – Alun-alun Pondok Salada;
  • Dari parkiran jalur setapak dimulai mendekati kawah kemudian membelah kawah, hati-hati saat melangkah karena dibeberapa tempat terdapat bagian yang gembur dengan suhu yang cukup panas dan kaki bisa terperosok. 
  • Kemudian jalur setapak membelok kekanan dan saat keluar dari komplek kawah ini jalan setapak terus mendatar hingga sampai di sebuah warung and disini terdapat sebuah lapangan yang cukup menampung lebih dari 30 tenda. 
  • Jalur setapak menuju Pondok Salada bisa ditemukan didepan warung ini dan sekitar lima menit berjalan dari warung ini kita akan sampai di Pondok Salada. 
  • Di Pondok Salada ini ada sungai kecil berair jernih namun mengandung belerang. 
2. Pondok Salada – Alun-alun Tegal Alur ;
  • Dari Pondok Salada jalur setapak mendaki sebuah punggungan yang ada didepan pondok salada, keadaan jalur setapaknya sedikit hancuran banyak batu-batu besar seperti aliran sungai kering. Setelah menyelesaikan etape tanjakan yang cukup curam ini jalan setapak menjadi datar dan kemudian berbelok ke kiri dan kemudian menyusuri punggungan. Hati-hati Saat menyusuri pungungan ini karena di sebelah kiri jurang dalam yang berjarak hanya seengah meter dari jalan setapak. 
  • Setelah keluar dari kawasan hutan yang tidak begitu lebat, kita akan sampai pada sebuah lapangan mirip sebuah kawah mati. 
  • Selanjutnya kita tiba di Alu-alun Tegal Alur, di bagian ujung dari alun-alun ini ada sebuah sungai kecil yang mengalir jernih. 
3. Tegal Alur – Puncak ;
  • Dari tegal Alur jalan setapak menuju arah puncak berada di seberang sungai kecil, jalan setapak yang tiak begitu jelas ini kemudian membelok kearah kanan memasukui hutan, Hati-hati saat berada di kawasan ini mungkin karena jalur ini jarang di tempuh sehingga terkadang jalur setapaknya tiba-tiba menghilang tapi jika jeli kita akan banyak menemukan string line pada ranting pohon sebagai penanda jalan. 
  • Dikawasan puncak Gunung Papandayan tidak banyak yang bisa dinikmati selain pemandangan kawah. Dipuncak ini tidak ada tiang trianggulasi nya atau tiang penunjuk ketinggian. Tidak ada tanda selain saat sampai di puncak gunung ini jalan setapak seterusnya akan menurun. 
  • Jika anda membawa altimeter atau GPS makan akan mudah menentukan puncaknya. Puncak gunung ini hanya pelataran kecil saja dan tersamar dengan jalan setapak yang membelahnya.  
4. Puncak – Parkiran  
  • Dari puncak jalan setapak kemudian menurun, lama-kelamaan jalan setapaknya turun curam mengikuti gigiran punggungan puncak, hati-hati dengan langkah karena disebelah kiri jurang kearah kawasan kawah. Jalan setapak di kawasan ini banyak ditumbuhi oleh rimbunnya tumbuhan dan pohon yang banyak ranting-ranting dan dahan yang menjorok hinga ketanah sehingga saat melewati etape ini kita harus membungkuk dan terkadang merangkak. 
Kawah G. Papandayan
untuk logistik kita perlu membawa Barang ini
3 Komentar untuk "Rute Pendakian Gunung Papandayan"
This comment has been removed by the author. - Hapus

kereeeee..jadi pingin ke Papandayan nih...www.apatcartoon.blogspot.com


wisata alam Gunung Papandayan memag sangat bagus, aku rasa semua lengkap,dari hutan mati dan ladangedelwis yang lebat banget.. tgl 24 yukkkk

Back To Top