Menggapai mimpi, mencari tahu Siapakah Saya...!!!

Mengenal Offroad


Bepergian dimedan off-road membutuhkan kendaraan yang mampu mengikuti ritme off-road seperti Jeep, SUV maupun ATV. Kendaraan ini mengakomodasi kondisi jalan dengan ground clearance, ban off-road dan drive-train. Beberapa produsen sudah menawarkan ban kendaraan khusus yang dimaksud untuk penggunaan di medan off-road.
 
Sebuah sport utility vehicle besar seperti Toyota Land Cruiser adalah contoh dari kendaraan yang digunakan (Namun , kendaraan ringan sering juga dipakai baik di pasir sangat lembut biasanya banyak dipakai pada bukit pasir). Kendaraan dikemudikan di bukit mungkin dilengkapi dengan roll cage untuk mengatasi terbaliknya mobil, Mirip dengan auto - racing , pengalaman dan keterampilan yang diperlukan dalam manuver mobil untuk mencegah kecelakaan,  penting untuk diketahui agar mengurangi tekanan ban. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak traksi dengan meningkatkan jejak ban,  Misalnya, ban dengan tekanan yang direkomendasikan dari 35 psi akan dikurangi menjadi sekitar 12-14 PSI .  


Modifikasi umum adalah sesuai rims beadlock , yang memungkinkan dengan tekanan ban harus diturunkan lebih jauh , tanpa risiko ban dan pelek pemisahan. Alasan utama untuk teknik ini adalah untuk mencegah kendaraan dari kehilangan jejak arah dan tersesat.

Offroad adalah mengendarai kendaraan di luar jalan raya, apakah itu jalan tanah, lumpur, pasir, sungai, atau batuan yang masih dalam kondisi alami dengan menggunakan mobil berpenggerak 4 roda (4×4 Four Wheel Drive) dan memiliki ban besar, baik jenis Terrain dan All-Terrain. Medan yang dilalui, lebih berat dari aspal
 
Bagi sebagian orang menyusuri jalanan yang berlubang biasanya menjadi keluhan ataupun kendala tersendiri. Berbeda dengan para Offroader, yang justru memang mencari jalan dengan medan yang tak lazim;

Mengawali Organisasi Offroad adalah NORRA (National Off-Road Racing Association) di Amerika bagian utara yang didirikan oleh Ed Pearlman di tahun 1967. Event yang pertamanya adalah melintasi gurun Mexico,dengan nama Mexican 100 dan menjadi baja 1000, dan Sekarang event ini kita kenal dengan nama SCORE international.

untuk Indonesia dimulai sekitar pertengahan tahun 1989 kala itu anak-anak tentara Bandung yang diberikan fasilitas mobil 4×4 menyusuri perkebunan - perkebunan, Penggeraknya adalah Tantyo Soedharmono, putra mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Soedharmono yang juga pendiri HCCI (Hill Climbing Club Indonesia). 

selanjutnya pada awal tahun 1990 dimulailah event-event offroad, mulai bermunculan banyak kelompok dari Bandung, Jakarta, Jawa timur, jawa tengah, hingga Sulawesi.



Pesan Senior :
Kenalilah Offroad sejak dini. Meski dana yang dibutuhkan besar, hingga ratusan juta. Tapi itu nggak masalah kalo diawali kesukaan. Perbanyaklah jaringan klub, ato ikuti kegiatan-kegiatan klub. 

0 Komentar untuk "Mengenal Offroad"

Back To Top