Menggapai mimpi, mencari tahu Siapakah Saya...!!!

Sejarah Motorcross

Motorcross Pertama kali berevolusi di Inggris pada uji coba kompetisi sepeda motor di Auto-Cycle dan Klub yang pertama dibuat tahun 1906 kemudian di Skotlandia dibuat kompetisi Motorcross sebanyak 4 kali dalam setahun selama Enam Hari yang dimulai pada tahun 1909. pada saat itu dengan penilaian yang ketat serta beberapa percobaan untuk sebuah lomba dalam menentukan pembalap tercepat ke garis akhir;
Awalnya dikenalnya Motorcross di Inggris , langsung menjadi olahraga yang tumbuh dengan popularitas tinggi, kompetisi ini menjadi terkenal dikancah internasional sebagai balap motorcross  asal kata penggabungan dari kata Perancis untuk sepeda motor "motocyclette", menjadi portmanteau dan "cross country";
Pertama balapan Motorcross ini terselenggara diCamberley Surrey ditahun 1924 sampai dengan tahun 1930an, olahraga ini tumbuh dengan cepat, utamanya diInggris di mana tim dari Birmingham Small Arms C0mpany (BSA) Norton menjadi tak tertandingi;
Waktu terus berjalan berbagai kompetisi mulai dilaksanakan. Motorcross dari era ini berbeda sedikit dari yang sebelumnya, pada awalnya hanya jalan biasa yang digunakan. lalu beralih ke jalan yang kasar sehingga membawa beberapa perbaikan teknis pada sepeda motor.
Awalnya hanya memakai suspensi yang keras ditahun 1930 kemudian seiring usia di tahun 1950an mulai memakai  suspensi belakang yang berayun, dalam beberapa tahun pada sebagian besar crosser hanya memiliki Motor Produksi lokal sehingga Periode setelah Perang Dunia II mulai didominasi oleh BSA yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia, mulai saat itulah pengendara BSA mulai mendominasi kompetisi internasional sepanjang tahun 1940an.
Pada tahun 1952, FIM salah satu badan internasional sepeda motor, membuat Kejuaraan Motorcross diEropa Kelas 500 cc dan di tahun 1957 di tingkatkan menjadi Kejuaraan Dunia, kemudian Pada tahun 1962, kejuaraan dunia kelas 250 cc mulai dilaksanakan kelasnya menjadi lebih kecil (250 cc) karena di kategori ini perusahaan banyak mencetak Motor 2Tak
Perusahaan seperti Husqvarnadari Swedia, CZdari bekas Chekoslowakia dan dan Greeves dari Inggris, menjadi populer karena ringan dan kelincahan Motor mereka di era tahun 1960 , kemajuan dari teknologi mesin 2Tak ternyata agak berat sehingga muncullah mesin 4Tak yang mulai digunakan di kompetisi ini, Pembalap dari Belgia & Swedia mulai mendominasi Motorcross diperiode ini kemudian Motocross mulai juga diperkenalkan ke Amerika Serikat dan pada tahun 1966 ketika itu juaranya berasal dari Swedia bernama T0rstenn Halman dan di urutan kedua pembalap dari Amerika;
DiTahun selanjutnya Hallman mulai bergabung dengan bintang motorcross lainnya seperti Roger Decoster, Joel Robert, & Dave Bickers. Mereka sangat mendominasi kejuaraan demi kejuaraan yang berlangsung, mereka memakai Motorcross ringan mereka dengan versi 2Tak mulai dari Posisi Pertama hingga Posisi keenam mereka kuasai, Motocross mulai tumbuh dalam kepopularitasan diAmerika Serikat hingga memicu pertumbuhan pesat dalam olahraga Motorcross ini.
Pada akhir 1960-an, perusahaan sepeda motor dari Jepang mulai menantang pabrik - pabrik diEropa ada supremasi di dunia motorcross, kemudian berjalannya waktu Suzuki mengklaim kejuaraan dunia pertama untuk pabrik Jepang ketika Joel Roberts memenangkan kelass 250 cc ditahun 1970.
Motorcross mulai masuk ke track Stadion (pertama diadakan pada tahun 1972 diLos Angeles Coliseum), kemudian Pada tahun 1975 ,sebuah kejuaraan dunia 125 cc itu diperkenalkan, Pembalap Eropa terus mendominasi motorcross sepanjang tahun 1970-an tapi mulai diTahun 1980-an Pembalap Amerika sudah menyusul dan mulai memenangkan beberapa kompetisi internasional.
Selama akhir 1970-an & awal 1980-an , pabrikan motor Jepang memimpin dalam teknologi motocross, dimana Motor sudah berpendingin udara, Double Shock suspensi belakang dengan mesin 2Tak, ciri khas pabrikan mereka adalah dengan memberikan cara untuk mesin yang water cooled dan dilengkapi dengan single shock absorber suspensi belakang.
Pada tahun 2003, undang-undang lingkungan semakin ketat dimana di Califoornia telah memaksa beberapa produsen untuk mengembangkan teknologi 4Tak yang lebih ramah lingkungan akhirnya Pada tahun 2004 semua produsen utama telah mulai bersaing dengan mesin 4Tak. Perusahaan Eropa juga mengalami kebangkitan dengan husqvarna, husaberg & KTM mulai memenangkan kejuaraan dunia dengan mesin 4Tak.
Olahraga ini mulai berevolusi dengan menjadi supercross & arenacross diadakan diarena dalam ruangan . Kelas juga diciptakan untuk kendaraan segala medan ada Motorcross Freestyle peristiwa di mana pengendara dinilai berdasarkan melompat dan keterampilan akrobatik udara telah mendapatkan popularitas, serta supermoto, di mana mesin motorcross ras di kedua aspal dan off road.

 
0 Komentar untuk "Sejarah Motorcross"

Back To Top